Home » Uncategorized » Warga Juga Harus Peduli, Jaga Kamtibmas Bukan Cuma Tugas Polisi

Warga Juga Harus Peduli, Jaga Kamtibmas Bukan Cuma Tugas Polisi

Tribratanewsbangka.com, Sungailiat– Tanggung jawab menjaga keamanan serta ketertiban bukan semata hanya menjadi tugas pihak kepolisian, namun tugas bersama seluruh elemen masyarakat.

Adanya kepedulian juga kesadaran masyarakat untuk menjaga situasi sekitar lingkungan, maka hal itu akan dapat mencegah terjadinya tindak pidana, karena mempersempit ruang pelaku untuk berbuat kejahatan.

“Kita selalu sampaikan, kalau cuma Polres saja tidak akan maksimal. Oleh karena itu perlu adanya kerjasama dan kepedulian dari masyarakat Bangka ini, untuk sama-sama membantu tugas kepolisian agar situasi kamtibmas tetap terjaga,” kata Kapolres Bangka, AKBP Widi Haryawan, S.I.K, Sabtu (02/01/2020).

Menurutnya, bentuk kepedulian yang dimunculkan bisa dimulai dari hal-hal yang sering dianggap sepele namun bisa berujung fatal jika diabaikan.

“Kita tidak bisa melihat Bangka seperti 5 (lima) atau 10 (sepuluh) tahun yang lalu, kalau dulu parkir sepeda motor di pinggir jalan tenang-tenang saja, tinggalkan rumah tidak dikunci dulu mudah saja dilakukan, sekarang tidak bisa lagi begitu. Kalau semua disiplin, akan sangat membantu polisi,” bebernya.

Selain itu dijelaskannya, Polres Bangka akan terus berupaya untuk menekan tindak kriminal di Kabupaten Bangka ini, seperti menggalakkan Siskamling, patroli berkala dan juga sosialisasi atau himbauan langsung.

“Kita aktifkan kembali Siskamling melalui program Kampung Tegep Mandiri di seluruh desa dan kelurahan, selain untuk antisipasi penyebaran dan penanganan Covid-19, lewat Siskamling itu kita mengajak warga aktif menjaga Kamtibmas. Kemudian secara rutin dan berkala kita Polres Bangka melakukan patroli, himbauan, sosialisasi di berbagai kesempatan seperti pada saat Jum’atan di Masjid,” pungkasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*