Home » Uncategorized » Polsek Belinyu Tangkap Pelaku Curas dan Pengeroyokan

Polsek Belinyu Tangkap Pelaku Curas dan Pengeroyokan

Tribratanewsbangka.com, Sungailiat – Pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas)  sekaligus pengeroyokan berhasil ditangkap Polsek Belinyu sehari usai kejadian. Pelaku bernama Marselino alias Gacok (24) warga Kelurahan Airjukung Kecamatan Belinyu ini merupakan residivis yang telah tiga kali keluar masuk penjara.

Kejadian pertama baru-baru ini dilakukan Gacok pada Kamis (17/12/20) sekitar pukul 10.20 untuk curas yang dilaporkan korbannya Jumat (18/12/20). Saat itu Gacok beraksi di Jl. Sudirman, Kampung Adidas Kelurahan Air Jukung Kecamatan Belinyu yang merampas barang berharga korban Aw (31) seorang ibu rumah tangga (IRT) warga Tanjung gudang, Kelurahan Mantung Kecamatan Belinyu.

Dijelaskan Kapolsek Belinyu AKP Ricky Dwiraya Putra, S.IK, Gacok beraksi saat korban sedang mengendarai sepeda motor dari Kelurahan Kutopanji menuju ke rumahnya di Kelurahan Mantung.

“Sesampainya korban di Jalan Jenderal Sudirman Kampung Adidas Kelurahan Air Jukung, tiba-tiba sepeda motor yang dikendarai oleh korban dipepet oleh sepeda motor yang dikendarai oleh pelaku (Gacok) dari arah sebelah kiri.

Lalu pelaku langsung menarik satu buah dompet warna biru yang di dalamnya berisi satu unit handphone (ponsel) merk Vivo Y12 warna Aqua Blue, uang tunai sebesar Rp599 ribu, kartu ATM dan lain-lain,” terang Ricky Dwiraya Putra kepada Babel Pos, Sabtu (19/12/20).

Perwira lulusan Akpol 2007 ini menyatakan, akibat kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar kurang lebih Rp3,2 juta. Tak hanya curas, Gacok juga terkait tidak pidana pengeroyokan yang dilaporkan Ma pada, Jumat (16/12/20).

Berdasarkan dua laporan tersebut kemudian P.S. Kanit Reskrim Polsek Belinyu Ipda Eka N. Zen bersama anggota Reskrim Polsek Belinyu melakukan penyelidikan guna mengungkap pelakunya.
Kemudian berdasarkan hasil penyelidikan terduga pelaku mengarah kepada residivis yang tidak lain adalah Gacok.

“Gacok ini sudah tiga kali masuk penjara yang mana dua kasus diantaranya kasus pencurian,” ujar mantan Kasat Reskrim Polres Bangka ini.

Usai mendapatkan petunjuk terduga pelaku dua kasus yang meresahkan masyarakat Belinyu itu, penangkapan dilakukan dipimpin oleh Kapolsek Belinyu, Kanit Reskrim bersama anggota Reskrim Polsek Belinyu

Setelah melakukan pengintaian terhadap keberadaan pelaku terdeteksi sedang berada di sebuah warung.

“Sekitar pukul 23.45 (18/12/20) pelaku terdeteksi sedang berbelanja di warung yang beralamat di Jalan Yos Sudarso Kelurahan Air Jukung Kecamatan Belinyu.

Kemudian tim langsung mengamankan pelaku dan setelah diinterogasi pelaku mengakui perbuatannya bahwa telah melakukan pengeroyokan atau penganiayaan dan melakukan pencurian dengan kekerasan,” jelasnya.

Usai diamankan, Gacok kemudian diminta menunjukkan barang bukti hasil kejahatan berupa ponsel hasil curian dan sepeda motor Jupiter MX untuk aksi curas. Diamankan pula barang bukti berupa pakaian dan sepatu Gacok saat beraksi.

“Saat ini kita sedang melakukan penyidikan lebih lanjut dengan meminta keterangan pelaku, korban dan saksi-saksi. Pelaku dikenakan pasal 365 KUHPidana subsider pasal 362 KUHPidana,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*