Home » Uncategorized » Peduli Penghijauan, Polres Bangka Tanam 1500 Mangrove

Peduli Penghijauan, Polres Bangka Tanam 1500 Mangrove

Tribratanewsbangka.com, Sungailiat – Sebagai bentuk kepedulian terhadap kawasan pesisir, jajaran Polres Bangka Polda kep. Babel menggalakkan penanaman pohon mangrove sebanyak 1500 batang yang bertempat di kawasan pesisir pantai Sungai Tengkorak lingkungan jalan laut kel. Matras kec. Sungailiat kab. Bangka, Jumat (21/2) sekira pukul 14,00 WIB.
Kapolres Bangka AKBP Aris Sulistyono usai menanam pohon mangrove bersama dengan perwakilan unsur Forkompinkab lainnya, mengatakan, penanaman mangrove ini salah satunya untuk mengatasi abrasi, kekeringan dan pemanasan global di pesisir pantai.
Maka dari itu, perlu komitmen bersama untuk melakukan penghijauan agar dapat mengatasi pemanasan global. Upaya yang paling mudah dilakukan yakni dengan menanam dan pemeliharaan pohon. “Dengan demikian, penanaman pohon perlu kita galakkan,” kata Kapolres Aris dihadapan para tamu undangan yang hadir termasuk sejumlah siswa pelajar seperti Pramuka dan Paskibra.
Menurut Kapolres, pohon diyakini mampu menyerap kadar CO2 dalam atmosfer. Selain itu pohon juga bermanfaat ganda bagi manusia dan lingkungan yaitu mengatur tata air dan menyuburkan tanah.
Jadi akar mangrove yang kokoh ini mampu menahan abrasi dan tempat berkembangnya habitat hewan air seperti ikan, kepiting, udang, kerang dan habitat lainnya. Dengan demikian sudah barang tentu dapat meningkatkan pendapatan perekonomian masyarakat di kawasan pesisir.
Disamping upaya dengan memperbanyak pohon dan tanam-tanaman serta melertarikan hutan. “Mari kita terus pelihara lingkungan hidup dengan melakukan gaya hidup hijau (go green) dan ramah lingkungan agar kita hidup sehat sejahtera,” tutur Kapolres Aris menambahkan.
Lebih lanjut, Kapolres mengemukakan bahwa kegiatan penghijauan ini bukanlah untuk kali ini saja, bahkan bisa berkelanjutan. Untuk seribuan lebih pohon mangrove yang sudah tertanam akan terus dipantau perkembangannya. 
“Untuk itu, saya mengajak semua pihak mari sama-sama kita lestarikan lingkungan kita dengan melakukan penghijauan,” pungkasnya.
Sementara itu, Bupati Bangka Mulkan yang di wakili Wabup Bangka Syahbudin menyampaikan, hutan mangrove memiliki peranan penting dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar khususnya bagi penduduk pesisir. Pohon mangrove memiliki fungsi mengendapkan lumpur di akar-akar pohon bakau sehingga dapat mencegah terjadinya intrusi air laut ke daratan. 
Selain itu pohon mangrove juga mempunyai beberapa keterkaitan dan kontribusi dalam pemenuhan kebutuhan manusia, baik fungsinya dalam penyediaan bahan pangan, papan, kesehatan, dan untuk lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*