Home » GIAT BIN & OPS » BAG OPS » Tim Gabungan Polres Bangka TNI dan Satpol PP Razia Tambang Ilegal di Kolong Bijur

Tim Gabungan Polres Bangka TNI dan Satpol PP Razia Tambang Ilegal di Kolong Bijur

Tribratanewsbangka – Tim gabungan yang di pimpin Kabag Ops Polres Bangka, AKP Faisal Fatsey mewakili Kapolres Bangka, AKBP Aris Sulistyono melakukan razia atas aktivitas penambangan timah Inkonvensional di Kolong Bijur Kelurahan Sinar Baru Kecamatan, Sungailiat.

Tim gabungan yang terdiri dari kepolisian baik dari resor dan sektor, TNI AD dari satuan Kompi Senapan B serta personel Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bangka termasuk sejumlah wartawan.

Menurut Kabag Ops, aktivitas penambangan timah ilegal tersebut yang diketahui terdapat dua unit, melakukan penambangan pada malam hari karena alasan kondisi air.

“Kegiatan penambangan dilakukan pada malam hari dengan alasan menunggu air pasang,” katanya.

Razia gabungan tersebut kata dia, merupakan langkah penegakkan hukum dimana sebelumnya sudah berulang kali dilakukan larangan langsung ke pihak penambang baik oleh pihak Polsek Sungailiat atau dari Polres Bangka.

“Kami melakukan penegakkan hukum karena penambang sudah berulang kali dilarang namun masih tetap melakukan kegiatan ilegal,” jelasnya.

Dari langkah reprensif diamankan sejumlah barang bukti berupa, mesin tanah mesin Dompeng 2 buah
, mesin Robin 1 buah
, Selang sabak warna orange 4 gulung
, Selang Monitor sebanyak 1 buah
, Selang Ulir atau saringan
, Pipa ukuran 6 in sebanyak 2 buah
dan pipa ukuran 4 in sebanyak 3 buah.

“Kami menyakini, razia gabungan tidak ada kebocoran meskipun diketahui di lapangan tidak ditemukan aktivitas penambangan, kami melakukan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) Polri, mulai dari preemtif, preventif dan yang terakhir represif,” ujarnya.

Kegiatan razia gabungan yang dimulai pukul 10.15 WIB sampai pukul 12.30 WIB berjalan aman dan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*