Home » Uncategorized » TI Rajuk Tower Sepanjang Aliran Sungai Baturusa Di Razia Tim Gaabungan Polres Bangka

TI Rajuk Tower Sepanjang Aliran Sungai Baturusa Di Razia Tim Gaabungan Polres Bangka

POLDA KEP. BABEL, POLRES BANGKA Pada hari Sabtu tanggal 14 Juli 2018 sekira pkl 10.00 s/d 14.30 wib telah dilaksanakan penertiban TI rajuk tower di Aliran Sungai Baturusa dekat jembatan Batu Rusa Desa Baturusa Kec. Merawang Kab. Bangka oleh Personil gabungan Polres Bangka, Satpol PP Kab. Bangka, Subdenpom II/4-2 Bangka dan Laskar Sekaban yang dipimpin oleh Wakapolres Bangka bersama Kabag Ops, Kasat Pol Air, Kasat Intel, Kasat Sabhara, Kapolsek Merawang, & Kabid Penertiban Umum Satpoll PP Kab. Bangka.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut info dari masyarakat tentang adanya aktivitas penambangan TI Rajuk yang beroperasi pada malam hari di Aliran Sungai Baturusa yang terlihat jelas dari jembatan Baturusa Desa Baturusa Kec. Merawang

Pada saat di lokasi, Tim gabungan langsung turun ke aliran sungai dan lakukan penyisiran dari jembatan baturusa dengan menggunakan rubber boat.

Sekitar 1 kilometer dari jembatan baturusa, yang terletak di sisi kiri dan kanan Aliran Sungai Baturusa, Tim menemukan sekitar 25 Unit TI Rajuk Tower, 3 Unit TI Apung biasa dan 1 Unit TI Robin Mini yang disembunyikan di balik-balik pohon bakau dan aliran sungai kecil Sungai Baturusa sehingga TI tsb seolah-olah tidak terlihat dari Jembatan Baturusa pada siang hari.

Pada saat ditemukan, ponton2 TI Rajuk tsb sedang tidak bekerja dan ditinggalkan pemiliknya namun mesin dan peralatan tambang yang berada diponton TI Rajuk tsb dalam keadaan lengkap dan terlihat habis beroperasi pada malam hari.

Tim berupaya untuk menarik ponton dan atau mengamankan mesin/ peralatan tambang yang ada namun karena terbatasnya sarana dan prasarana yang ada dan situasi dan kondisi dilapangan yang tidak memungkinkan maka Pihak Kepolisian melakukan diskresi dengan melakukan pembongkaran terhadap mesin2, peralatan tambang, & ponton2 TI Rajuk tersebut agar tidak dapat difungsikan kembali untuk melakukan penambangan timah ilegal di sekitar lokasi tsb, yang dapat menimbulkan kerusakan alam dan ekosistem yang ada di sepanjang aliran sungai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*